Negara Yang (Sekarang) Menjajah Indonesia (1)

Anda jangan berfikir bahwa negara - negara berikut ini menjajah indonesia dengan berperang angkat senjata, menjatuhkan bom atom dari pesawat tempur ataupun meluncurkan senjata nuklir ke indonesia.
Maksud dari kata "menjajah" disini dalam artian menguasai pasar industri hiburan, baik dalam industri film, musik maupun industri pertelevisisan di indonesia. Berikut beberapa data dan fakta negara negara tersebut.

1.Amerika Serikat 
 Perfilman

pic
 Siapa yang tidak mengenal kata "hollywood". sebuah distrik di wilayah Los Angeles, California     yang sudah sangat identik dengan hingar bingar dunia film dunia. Berbagai rumah produksi film terkenal dunia seperti Disney, Univetrsal, Fox, Warner Bros, Paramount atau Colombia adalah rumah rumah produksi yang banyak memproduksi film-film blockbuster yang diputar dihampir seluruh bioskop diseluh dunia (termasuk di indonesia).

Film Animasi
Tom & Jerry, Donald Duck, Mickey Mouse adalah contoh tokoh animasi asal negeri Paman Sam yang banyak digemari anak anak di indonesia. film film terbaru seperti kungfu panda, madagaskar dan ice age adalah film animasi yang sukses dipasar film animasi di Indonesia.

Indistri Musik
 Amerika adalah kiblat musik dunia. beragam jenis aliran musik ada disana. banyak musisi Amerika baik yang beraliran rock, pop, punk, RnB, Jazz ataupun Hip  Hop yang menjadi idola dan panutan musisi dan masyarakat indonesia. Pengaruh mereka bisa di lihat dari antusiasme masyarakat indonesia untuk menyaksikan konser grup band dan penyanyi asal amerika saat mengelar konser di indonesia.

2. Korea

Perfilman
Yang di gandrungi dari perfilman korea tentu saja adalah serial dramanya. Drama atau serial korea seolah sudah menjadi tontonan wajib remaja di Indonesia. Mereka begitu mengenal sampai dengan kehidupan pribadi aktor dan artis asal negeri gingseng tersebut. Endless love, full house dan Boys Before Flower adalah beberapa drama korea yang sukses di pertelevisian indonesia.


pic
Industri Musik
K-Pop fever atau demam musik "Korean Pop" telah menyebar di indonesia. K-Pop identik (walau banyak juga solois yang sukses ) dengan Boy band dan girl band yang juga menginspirasi anak muda di indonesia untuk membuat boy dan gilr band seperti SMASH, MAX 5, Seven Icon, Cherrybelle dan lain lain.
Bahkan bulan april lalu, boy band Super Junior (suju) harus mengadakan dua kali konser di jakarta kerena banyaknya penggemar mereka yang tidak dapat menyaksikan konser pertama meraka. 

3. India
pic

Perfilman

siapa sih yang tidak mengenal shahrukh khan, kajol atau amitabh bachchan ? mereka adalah aktor dan aktris asal india yang sudah sering muncul di layar televisi. hampir setiap hari film film mereka ditayangkan di pertelevisian indonesia (belakangan ini saja sudah mulai jarang tergusur popularitas serial korea).
india dengan industri " bollywood " nya sangat produktif dalam memproduksi film. Sekitar 1000 film india dibuat setiap tahunnya, dua kali lipat dibanding film Hollywood di Amerika.
kuch kich hota hai adalah salah satu film bollywood paling digemari di indonesia.

Industri Musik
perkembangan industri musik india berbanding lurus dengan industri film nya. Siapa yang pernah menonton film india yang tanpa tarian dan nyanyian nya, hal ini seolah sudah menjadi ciri film asal india. Saking terkenalnya, banyak lagu lagu india yang kembali di gubah liriknya oleh musisi indonesia, entah itu sudah konfirmasi dengan pemilik hak cipta nya atau belum.


bersambung....


Komentar

  1. khusunya untuk kalangan remaja dan kebudayaannya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...kaum remaja/muda mengembangkan kebudayaan sedangkan kaum tua mempertahankan kebudayaan...

      Hapus
    2. termasuk di bagian mana anda?

      Hapus
    3. berhubung saya masih muda..(ehemm)saya pengembang budaya (menerima semua budaya, tinggal bagaimana saya memilah dan memilih budaya yang sesuai dengan karakter saya )

      Hapus
    4. setuju deh sama kamu #korban iklan..

      Hapus
  2. Perang budaya, sampai budaya sendiri dianggap aneh.

    BalasHapus
  3. HHa bener :))

    Kayaknya anak negeri hrus berusaha keras untuk bisa saingan dalam industri seperti ini.
    Dan itu butuh kerja yang cukup keras.
    tapi melihat film2 seperti The Raid. saya rasa itu bukan hal mustahil lg.
    Atau melihat anggun :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau karya anak bangsa kreatif dan berkualitas pasti tidak akan kalah bersaing dengan industri asing.

      Hapus
  4. wah bener banget. mestinya soal ini para guru harus mengajarkan ke muridnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimasukin ke kurikulum pendidikan ya bang...
      hehehe...

      Hapus
  5. saya stressing pada Koreanya. Sekarang lagi rame rame mengekor Korea (sudah sering dibahas di koran KOMPAS) dan ini juga melanda remaja di kota Pontianak. Deman Korea. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak...tak hanya di pontianak, tapi hampir di seluruh wilayah indonesia terjadi temam korea...

      Hapus
  6. wuah, kok bersambung? ditunggu dah kelanjutannya...

    BalasHapus
  7. iya, biar pada ngerti esensi penjajahan.

    BalasHapus
  8. masi iya menjajah?

    kurang paham nih gue yang kyk bgnian, ilmu blom sampe

    wkkwkw..

    happy blogwalking :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIBOLGA SQUARE...

Mikir Ideal

Nono & Nini : Mitos Pecahnya Sebuah Gelas